Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan penurun tekanan darah tinggi – Darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang bisa juga diwariskan secara genetika. Namun, Gaya hidup juga merupakan faktor terbesar pemicu penyakit ini. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat – zat lain.

makanan penurun tekanan darah tinggiUntuk mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi atau tidak, dapat diketahui melewati kontrol tekanan darah. Ada dua type pengukuran tekanan darah waktu jantung berkontradiksi, namun diastol yaitu tekanan darah waktu jantung beristirahat atau relaksasi. biasanya, tekanan darah normal manusia yaitu berkisar di antara 90 – 120 untuk sistolik serta 60 – 80 untuk diastolik. bila tekanan darah melebihi angka tersebut, dapat dipastikan terkena hipertensi. kontrol tekanan darah biasanya dikerjakan dokter memakai alat yang dinamakan shpigmomanometer atau yang dikenal dengan tensimeter.

Baca juga: cara menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner ( pkj ) serta gagal ginjal. adapun tentang factor penyebab hipertensi diantaranya keturunan, usia, pikiran kerap stress, terlampau banyak mengonsumsi garam, jarang berolahraga, dan kegemukan ( obesitas ).Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain jika tidak segera diatasi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, ateroklerosis,dll.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini adalah 11 makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda masukan kedalam menu makanan Anda.

  1. Sayuran hijau, seperti bayam dan ketumbar yang merupakan sumber kalium sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu bayam termasuk sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung nutrisi sehat seperti potasium, folat, dan magnesium sebagai bahan utama untuk menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. Selain bayam dan ketumbar, daun seledri juga dapat menjadi alternatif yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  2. Susu skim adalah susu bebas lemak yang kaya akan kalsium serta vitamin D. Kalsium dan vitamin D juga memiliki peranan dalam menjaga tekanan darah agar selalu dalam ambang normal.
  3. Tomat harus dimasukan ke dalam menu makanan penurun darah tinggi Anda karena kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin E.
    Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu atau pelengkap agar masakan menjadi gurih dan harum. Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa satu siung bawang putih dapat memberikan keajaiban yakni untuk mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah, serta dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung. Jadi jangan ragu-ragu tambahkan bawang putih dalam setiap masakan Anda.
  4. Gandum, Anda dapat mengganti nasi dengan gandum untuk sarapan di pagi hari. Gandum merupakan sahabat bagi para penderita darah tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, gandum merupakan makanan penurun darah tinggi yang sangat efektif.
  5. Biji bunga matahari merupakan sumber besar magnesium. Ini merupakan cemilan super untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.
  6. Minyak Zaitun, mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah Anda. Saat ini telah ditemukan senyawa zaitun hydroxytyrosol yang berasal dari air perasan buah zaitun saat diolah menjadi minyak zaitun. Zaitun hydroxytyrosol ini ternyata merupakan senyawa superantioksidan paling baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  7. Kentang putih kaya akan magnesium dan potasium, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Ketika kalium rendah, tubuh mempertahankan natrium tambahan (dan terlalu banyak sodium meningkatkan tekanan darah). Di sisi lain, ketika Anda makan diet kaya kalium, tubuh menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan natrium. Seperti kalium, magnesium juga merupakan kunci dalam mempromosikan aliran darah yang sehat. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan yang sehat dari kedua mineral dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi terus berada di ambang normal.
  8. Pisang, buah fungsional ini merupakan sumber kalium, jadi juga termasuk pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda masukan dalam daftar cemilan sehat sehari-hari.
  9. Kedelai adalah sumber lain yang sangat baik dari kalium dan magnesium. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi produk susu olahan dari kedelai atau mengkonsumsi kedelai yang dimasak. Karena keduanya sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.
  10. Buah-buahan segar seperti alpukat, tomat, zaitun dan mengkudu, menjadi menu terakhir dalam daftar makanan penurun darah tinggi kali ini. Buah-buahan segar mengandung banyak sekali nutrisi, baik vitamin dan mineral untuk melawan tekanan darah tinggi.

Selain dengan menu makanan penurun darah tinggi di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari. Semoga dengan menerapkan diet sehat di atas, Anda dapat terbebas dari penyakit darah tinggi dan penyakit komplikasi lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s